Cari Blog Ini

Jumat, 04 November 2016

ALAT PELACAK SUATU BENDA (FINDER BOT)

Latar Belakang
Belakangan ini, banyak orang yang sibuk akan rutinitas nya. Ketika sibuk terkadang otak akan kelelahan yang menyebabkan seseorang lupa, entah lupa menaruh suatu barang misalnya. Oleh karena itu saya memiliki sebuah inovasi yang memiliki visi yaitu mempermudah seseorang untuk menemukan suatu barang yang disimpan namun lupa dimana kita menyimpan benda tersebut.

Konsep dari inovasi ini yaitu memilih suatu benda yang sering kita gunakan sehari hari, disini saya akan menggunakan handphone/smartphone untuk nantinya ditanamkan aplikasi penemu benda yang kita simpan. Saya akan memberikan nama aplikasi ini yaitu “Finder Bot”.

Jadi aplikasi akan melacak sebuah gps yang berbentuk tipis yang ditempelkan di suatu benda yang penting namun kita terkadang lupa menaruh nya. Dan Finder Bot akan memberikan informasi dimana benda itu berada.

Rumusan Masalah
      1.       Apa keuntungan dari aplikasi tersebut ?
      2.       Bagaimana cara mengimplementasikan sebuah GPS pada suatu benda?
      3.       Bagaimana cara membuat aplikasi yang berbasis GPS pada Smatphone (Android OS)?
      4.       Apa kelemahan dari aplikasi tersebut ?


            Tujuan
      1.       Untuk mempermudah seseorang dalam menemukan suatu benda.
      2.       Untuk menyelesaikan tugas softskill.
      3.       Untuk ikut berkompetisi dalam dunia teknologi informasi.

      4.       Untuk belajar dan memahami konsep GPS.
     
      Cara Kerja : 
      1.    Instal aplikasi Finder Bot di smartphone dan jangan lupa dengan alat pelacaknya.

      2.    Ketika sudah mengintsal,aka nada tampilah menu login dan registrasi,pilih registrasi untuk membuat akun        finderbot
.
      3.   jika sudah selesai, akan muncul tampilan beranda pada finder bot yaitu, menu scan barcode, menu atur         jangkauan, daftar perangkat, dan menu mulai pencarian.

      4.   klik menu scan barcode,lalu scan barcode yang ada pada alat pelacak finder bot tadi. Scan barcode ini         bertujuan agar saat aplikasi finder bot bekerja,benda yang dicari tidak tertukar dengan benda lain yang        dipasangkan finderbot juga.

      5.  setelah itu klik menu atur jangkauan untuk mengatur jarak aplikasi ini dapat menemukan alat pelacak yang      terpasang. Maksimal 15 meter dari tempat kita (semakin dekat kita mengatur jarak,semakin cepat pula          aplikasi menemukan).

     6.   pasangkan alat pelacak ke benda yang ingin kita temukan nantinya.
     
     7.   klik menu mulai pencarian,lalu klik nama benda yang telah disandingkan dengan finder bot. finder bot            akan mengirimkan alamat dimana letak benda tsb dan alat pelacak yang sudah disertakan dengan alarm        akan berbunyi.
   
     Model Alat pelacak
   
     
      Alat ini di desain menggunakan tali bahan agar dapat di pasangkan di semua benda. Didalam alat ini terdapat sebuah alarm yang akan aktif ketika masuk nya sinyal pencari dari finderbot itu sendiri.
n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar